Bisa nggak kamu menyiapkan naskah selama 9 hari untuk diterbitkan? Jawabannya: BISA! Paling tidak lebih dari 100 orang sudah berhasil submit naskahnya dalam event 99 Writers in 9 Days yang diadakan atas kerjasama NulisBuku.com dan Mizan Digital Publishing.

Apa sih NulisBuku.com itu? Singkatnya, Nulisbuku.com adalah layanan GRATIS untuk Online Self Publishing – Print on Demand. Dalam arti, jika kamu punya naskah yang ingin dibukukan, kamu tinggal sign up ke http://nulisbuku.com kemudian download template, masukkan naskah kamu ke template tersebut, convert ke PDF, kemudian Upload Naskah kamu. Setelah itu, kamu check dulu dengan membeli 1 copy naskah kamu apakah sudah oke atau ada yg mau di-edit lagi. Jika sudah ok, admin akan publish buku kamu di marketplace-nya Nulisbuku.com dan buku mu pun siap dijual untuk umum. Setiap ada yang membeli, meskipun hanya 1 eksemplar, naskah kamu akan dicetak dalam bentuk buku dan kamu mendapat royalti 🙂 Nulisbuku.com founders antara lain Angeline Anthony, Aulia Halimatussadiah (Ollie), Brilliant Yotenega, dan Oka Pratama.

Campaign #99writers dimulai via twitternya @nulisbuku yang mendapat sambutan sangat meriah 😀 Banyak yang curhat sampai nggak tidur mengejar deadline… yes! That’s the spirit 😀 Begitu semua naskah telah terkumpul, gantian tim produksi Nulisbuku.com (Ega & Nina) yang nggak tidur untuk make sure semua-nya bisa terproses dengan baik. Banyak kendala seperti naskah yang ternyata tak terupload sempurna sehingga file perlu diminta kembali ke penulisnya, hingga kendala lain yang terjadi namun tidak memadamkan semangat kami. Pada hari H, tanggal 8 Oktober 2010, puluhan penulis berkumpul di Main Stage Indonesia Book Fair 2010, Istora Senayan. Mereka semua ingin merayakan launching-nya buku mereka hari itu. Acara dimulai dengan perkenalan Mizan Digital Publishing dalam websitenya Mizan Mobile yang dibawakan oleh Mas Irfan Amalee.

Kemudian Ega yang bersemangat mulai memperkenalkan Nulisbuku.com dan tim di balik Nulisbuku.com.

 

 

Acara dilanjutkan dengan talkshow bersama penulis bestseller Ika Natassa & Ollie. Ika Natassa menerbitkan buku berjudulUnderground, sebuah karya dalam bahasa Inggris yang udah ditulis dari jaman SMA. Sekarang harta karun tersebut available di Nulisbuku.com. Ollie sendiri menerbitkan Inspirasi.net sebuah buku yang sempat ditolak penerbit 2x dan menjadi inspirasi baginya untuk mendirikan NulisBuku.com yang membantu penulis-penulis tetap menerbitkan karyanya sesuai idealisme masing-masing.

 

 

Selanjutnya kita semua mendengarkan sumbangan lagu yang indah dari penulis #99writers, Yusef. Lima penulis #99writers kemudian diminta untuk maju ke panggung dan sharing cerita di balik proses pembuatan buku-buku mereka dan bagaimana mereka bisa ikutan challenge ini. Ada yang datang jauh-jauh dari Palembang, ada yang datang rame-rame dari Bandung (karena bukunya antologi dari banyak penulis), ada yang nggak tidur mempersiapkan naskahnya, dan banyak cerita seru lainnya 😀

 

 

Kemudian Andi Gunawan membacakan salah satu prosa dari bukunya antologi prosa: Kejutan.

 

 

Last but not least, saatnya inagurasi, satu persatu penulis dipanggil ke atas panggung untuk berfoto bersama #99writers lain sekaligus memamerkan bukunya.

 

 

Acara ditutup dengan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, karena Nulisbuku.com publishing your dream, tapi ini bukan untuk kamu, bukan untuk aku, bukan untuk mereka, tapi untuk INDONESIA 🙂

Check more pictures of #99writers event here