Hobi memasak? Suka membuat kue basah atau kering? Selain memang bakat dan memiliki resep favorit, terkadang kita suka sekali mencari resep baru ya? Ke toko buku? Atau memesan melalui online shop? Apa pun pilihannya, tentu akan memudahkan kita menemukan resep baru.

buku resep

Nah, ketika kita mempunyai ide untuk memodifikasi resep dari buku yang kita beli dan ternyata lebih enak, apa yang akan kita lakukan? Mengumpulkan resep dan menjual hasil masakan kita, kan? Sudah puaskah sampai di sini? Rasanya kalau hanya menumpuk di dalam file saja, jadinya sayang ya, resep kita? Bagaimana kalau dikumpulkan, kemudian dibukukan? Wah, pasti lebih bermanfaat! Berbagi ilmu pada mereka yang ingin belajar memasak atau mencoba resep baru, seperti halnya kita ketika memulainya dulu. Selain itu, dapat royalti pula! Siapa yang menolak?

resep

Tetapi, terkadang impian menerbitkan buku terbentur syarat yang ‘njelimet’ ya? Jika tak cocok dengan syarat yang diajukan penerbit (apalagi major label), ya tak akan bisa menembusnya. Padahal menurut kita, buku itu layak terbit kok! Nah, sekarang ada solusinya.

dalam buku

Di era digital ini, nyaris tak ada yang mustahil. Maka, banyak sekali perusahaan self publishing yang menawarkan solusi alternatif bagi mereka yang ingin menerbitkan bukunya sendiri tanpa harus menunggu persetujuan atau penolakan penerbit. Memang, penulis menjadi sedikit lebih ‘repot’ karena pembuatan cover, layout, editing, hingga marketing dilakukan sendiri. Tetapi bila tak bisa melakukan semua urusan teknis itu, bisa meminta bantuan teman atau saudara. Kalau meminta bantuan pada self publisher itu, bagaimana? Ya, bisa juga!

Nah, nulisbuku.com hadir untuk menjadi salah satu self publisher yang bisa dijadikan pilihan untuk menerbitkan karya kita. Jangan sampai naskah kita hanya menjadi draft di flash disk. Nulisbuku mencoba membantu kita yang ingin belajar menerbitkan karya, baik berupa tulisan, foto, atau pun kombinasi dari semuanya. Mulai jenis novel, textbook, hingga buku pelajaran.

Jadi, kalau mau menerbitkan buku resepmu sendiri, Nulisbuku bisa membantu mewujudkannya. Semua foto yang tampil di sini memperlihatkan bahwa kumpulan resepmu bisa dikemas secara profesional dan tampil cantik hingga membuat orang lain ingin mengoleksinya. Tampilannya yang menggugah selera membuat siapa saja yang membacanya ingin segera menyantapnya.

Ada pilihan untuk penggunaan kertas pada naskah yang akan kita terbitkan. Kita dapat menggunakan kertas HVS atau novel. Bedanya di mana? Hanya beda di jenisnya saja, tapi semua dkembalikan pada selera penulisnya. Kalau berwarna dan banyak foto, bagaimana? Ya bisa saja. Kita gunakan art paper / matte agar tampilan foto dalam naskah kita terlihat maksimal.

Nulisbuku juga mempunyai ukuran standar untuk bentuk buku yang akan diterbitkan.  Jumlah minimal naskah / foto yang bisa diterbitkan berapa halaman? Sebaiknya 100 halaman. Tetapi untuk kumpulan resep dengan banyak foto, bisa kurang dari 100. Nah, berhubung ukuran buku resep masakan biasanya lebih besar dari buku fiksi (novel atau kumcer, misalnya), maka biaya produksinya juga akan lebih besar. Tak usah khawatir, karena harga buku yang menentukan adalah penulisnya sendiri, maka kita bisa dengan bebas mencantumkan bandrol harga pada buku.

Jika ada pertanyaan teknis, coba cek pada halaman FAQ. Tetapi bila masih ada yang ingin ditanyakan, silakan kirimkan surat elektronik ke admin@nulisbuku.com.

Jadi, kunci masakan lezat pertama adalah penampilan buku resep karyamu. Nulisbuku membantu mewujudkannya. Jadikan buku resepmu inspirasi untuk penikmat kuliner yang lain 🙂