Sinopsis

Berikut ini adalah ulasan bagaimana cara menulis Sinopsis Buku yang baik. Ulasan ini pernah dijelaskan melalui Twitter (@nulisbuku) berupa serial twit beberapa waktu lalu.

Apa itu #SinopsisBuku ? Sinopsis berasal dari kata synopica, yang berarti ringkas. Secara sederhana, #SinopsisBuku didefinisikan sebagai ringkasan/garis besar dari sebuah cerita yang dituliskan dalam bentuk narasi. Seorang penulis dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menulis sinopsis. Lalu, kapan dan mengapa #SinopsisBuku dibutuhkan?

#SinopsisBuku berfungsi untuk memberikan gambaran menyeluruh terhadap isi buku. Ketika seorang penulis ingin menerbitkan karyanya pada penerbit major, maka penerbit akan meminta #SinopsisBuku terlebih dahulu. Jika penerbit menyukai #SinopsisBuku tsb, maka penerbit baru akan meminta naskah lengkapnya. Jadi, bisa dibilang bahwa #SinopsisBuku merupakan hal utama yang akan membuat bukumu dilirik oleh penerbit. Sehingga #SinopsisBuku harus tampil dengan baik dan menarik. Setuju?

Kesalahan terbesar kebanyakan orang dalam menulis #SinopsisBuku adalah dengan membuat ringkasan plot, seperti… “Pertama,….Kemudian…Sehingga…Maka…” sehingga sinopsis cenderung membosankan dan menjadi sulit dipahami. Ada dua jenis #SinopsisBuku yaitu sinopsis karya dan sinopsis permulaan, sebagai persiapan untuk menulis.

Sinopsis karya merupakan ringkasan dari keseluruhan isi cerita yang telah ditulis. Sedangkan sinopsis permulaan merupakan ringkasan cerita yang akan ditulis. Yang akan kita bahas kali ini adalah sinopsis karya, sebagai ringkasan dari sebuah cerita/buku.
Berikut beberapa tips dalam menulis #SinopsisBuku:
1. Mulailah dengan plot. Plot adalah dasar dari urutan peristiwa dalam sebuah cerita. Menulis sebuah #SinopsisBuku berdasarkan plot akan mencipkatan sebuah sinopsis yang sesuai dengan alurnya. Kenapa? Karena #SinopsisBuku tidak boleh menyimpang dari isi buku secara keseluruhan. Gunakan kalimat yang padat dan efektif agar menarik, rangkai jalan cerita menjadi suatu karangan baru yang utuh.
2. Tambahkan dengan karakter utama. Ungkapkan perkembangan karakter tokoh utama dari buku tersebut, misalnya, #SinopsisBuku harus mampu menjawab beberapa pertanyaan terkait tokoh utama, seperti: Siapa tokoh tersebut, seperti apa dia? Apa perubahan yang terjadi pada tokoh utama tersebut sepanjang cerita?

3. Tunjukkan peran tokoh pendukung. Terkait dengan perubahan yang terjadi pada tokoh utama, munculkan peran tokoh pendukung dalam perubahan tersebut. Tunjukkan hal-hal yang menyebabkan perubahan pada tokoh utama, apakah ada pengaruh dari tokoh pendukung?

4. Jangan lupakan tema. #SinopsisBuku harus dapat menonjolkan tema cerita yang diambil. Bahkan jika ada pesan/moral yang ingin disampaikan, dapat dimasukkan ke dalam #SinopsisBuku. Baik tema maupun pesan dapat ditampilkan secara tersirat dalam sebuah#SinopsisBuku

5. Gunakan outline/ kerangka karangan. #SinopsisBuku. Jika kesulitan, kamu bisa menggunakan outline untuk membantumu menulis #SinopsisBuku. Perlu diingat, jika menggunakan outline berhati-hatilah agar #SinopsisBuku yang dibuat tidak tampak kaku sehingga membosankan.

6. Batasi dialog dan monolog. Cukup cantumkan dialog dan monolog seperlunya saja atau secara garis besarnya saja.

7. Gunakan bahasa yang lugas, mudah dimengerti dan menarik. Kata-kata dalam #SinopsisBuku tidak harus merupakan penggalan dari isi buku. Bisa dibuat dengan bahasa yang berbeda namun tidak mengubah isi cerita. Sekali lagi, ungkapkan secara lugas.

8. Batasi panjang sinopsis. Idealnya, #SinopsisBuku hanya 1-2 halaman saja, atau maksimal sepersepuluh sampai seperlima dari panjang cerita secara keseluruhan.

9. Sinopsis vs Blurb. Perlu diingat bahwa sinopsis berbeda dengan blurb. Blurb merupakan keterangan yg terdapat di belakang cover buku, ditulis dengan bahasa yg membuat penasaran. Seringkali pada blurb diakhiri dengan pertanyaan seperti “Apakah hubungan mereka akan berakhir bahagia?” Pada blurb, ada beberapa poin cerita yang dirahasiakan. Tapi, jangan rahasiakan apapun pada #SinopsisBuku mu. #SinopsisBuku harus ditulis secara jujur, mengikuti alur cerita sesungguhnya dari awal hingga akhir.

10. Hindari kesalahan apapun, termasuk salah ketik, salah tanda baca, dsb. Buatlah #SinopsisBuku sebaik mungkin dari sisi layouting dan editing agar memberi kesan baik pada pihak penerbit.

Intinya, tetap perhatikan unsur-unsur intrinsik cerita tsb, ungkapkan dengan bahasa yang lugas dan menarik. #SinopsisBuku

Sekian ulasan mengenai Sinopsis Buku. Semoga bermanfaat dan bisa membantumu membuat sinopsis buku dengan baik sehingga bukumu semakin banyak peminatnya. 🙂

Good luck!