Love Never Fails Banner

UPDATE 6 Maret 2014:

Sebelumnya kami memohon maaf karena Nulisbuku Club bulan ini rencana awalnya akan diselenggarakan pada hari Sabtu besok, 8 Maret 2014 bersamaan dengan pengumuman pemenang #ProyekMenulis “Love Never Fails, namun dengan membludaknya peserta #ProyekMenulis yang mencapai 1.100 naskah cerpen yang masuk, Dewan Juri membutuhkan waktu tambahan untuk memeriksanya dan menentukan pemenang.

Setelah kami pertimbangkan maka kami memutuskan untuk mengadakan Nulisbuku Club “Love Never Fails” pada:

Hari Sabtu, 15 Maret 2014
di the Reading Room – Kemang.
Jl. Kemang Timur Raya No: 57
Jakarta Selatan – Indonesia.
Jam 16.00-18.00 WIB

Info selengkapnya silakan baca di sini, klik: http://goo.gl/7x6GP4

—————————————

Nulisbuku.com didukung oleh Mycardous.com – On Demand – Gift Store, kembali menyelenggarakan #ProyekMenulis. Kami mengajakmu  berpartisipasi dan berkreasi dalam karya. Tujuan #ProyekMenulis ini sederhana, supaya kita semua mempunyai keberanian menulis, mempunyai kepercayaan diri terhadap karyanya, dan tentu saja supaya kita semua bisa bersenang-senang dalam kata-kata.

#ProyekMenulis kali ini masih terdapat kategori baru untuk para peserta, selain kategori perorangan, yaitu kategori kolaborasi, karya yang ditulis oleh dua orang atau lebih (Tidak ada batasan jumlah orang dalam sebuah kelompok)

Tema #ProyekMenulis Februari 2014 ini adalah ‘Love Never Fails’, sebuah karya yang berupa cerita pendek fiksi. Karya ini dapat ber-genre apa saja, roman, fantasi, misteri dan lain sebagainya.

Apa bedanya #ProyekMenulis dengan lomba menulis pada umumnya? Ini bedanya: #ProyekMenulis kali ini akan memilih 200 karya tebaik, kemudian membukukan dan menerbitkannya, cerpen yang tidak lolos seleksi akan tereliminasi dan otomatis karya tersebut tidak akan masuk dalam buku-buku yang akan kita terbitkan.

Love Never Fails Display

A. Syarat Peserta

#ProyekMenulis terdiri dari 2 kategori:

  1. Kategori Perorangan, dan
  2. Kategori Kolaborasi. (Cerpen ditulis oleh dua orang atau lebih)

Dapat diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia, tanpa batasan usia, tanpa batasan jenis kelamin, tanpa batasan agama, dan tanpa batasan lokasi tempat tinggal. Setiap peserta dapat mengirimkan 1 (satu) karya tulisan terbaiknya untuk masing-masing kategori. Artinya, untuk satu nama peserta boleh mengikuti satu karya di kategori perorangan dan satu karya lagi di kategori kolaborasi. Atau hanya mengikuti 1 kategori saja juga boleh.

B. Syarat Cerpen

Cerita pendek ditulis dalam bahasa Indonesia minimal 3 halaman A4 dan maksimal 7 halaman A4, diketik rapi dalam file Microsoft Word spasi: 1.5, dengan font: Times New Roman, ukuran font: 11pt, dengan margin sesuai standar Microsoft Word saja, tidak perlu diubah.

Cerita pendek berupa karya fiksi yang belum pernah diterbitkan dalam media nasional mana pun (jika pernah diposting di blog atau FB notes masih boleh), dan merupakan karya asli penulis.  Dengan mengikuti lomba ini, berarti penulis menyatakan bahwa karya tersebut adalah murni karya aslinya dan jika ada tuntutan pelanggaran hak kekayaan intelektual maka akan menjadi tanggung jawab penulis.

Judul cerpen bebas, dengan tetap sesuai dengan tema: “Love Never Fails”. Silakan mengartikan sendiri tema tersebut sesuai dengan imajinasi.

C. Cara Berpartisipasi

  1. Menulis cerpen fiksi sesuai tema “Love Never Fails” yang sudah diketik rapi dalam file Microsoft Word
  2. Kirimkan cerpen tersebut beserta data diri: Nama, Alamat, No. handphone, No. KTP (Atau kartu pelajar), Twitter account (Jika ada), Alamat facebook (Jika ada), ke alamat email: send@nulisbuku.com (berupa file lampiran- attach files, bukan di body email) dengan format subject email: [PROYEK MENULIS] – [Judul tulisan] – [KATEGORI]. Contoh (1): PROYEK MENULIS – Cinta Kita Tidak Buta – Kategori Perorangan; Contoh (2): PROYEK MENULIS – Jangan Ada Cinta Lagi – Kategori: Kolaborasi
  3. Setiap penulis dimohon juga membuat paragraf singkat maksimal 5 (lima) kalimat untuk memperkenalkan diri, untuk profil penulis di dalam buku kumcer “Love Never Fails”. Kami sarankan penulis mencantumkan akun Twitter-nya masing-masing karena bisa jadi sarana contact pembaca atau penerbit yang tertarik atas karyamu. Profil singkat ini boleh ditulis di badan email atau pun di dalam naskah cerpennya, kedua cara tersebut tidak masalah.
  4. Wajib Follow & mention akun Twitter @nulisbuku kemudian silakan twit sinopsis tentang karya cerpenmu minimal sebanyak 3 (tiga) kali twit; jika 1 twit itu maksimal 140 karakter, maka 3 kali twit, maksimal adalah 140 x 3= 420 karakter. Twit-twit ini berguna untuk mempromosikan cerpenmu yang telah dikirim tersebut. Jangan lupa twitnya dengan hashtag #ProyekMenulis
  5. Untuk mengikuti kompetisi ini tidak dipungut biaya, GRATIS!
  6. Pengumuman para finalis dan pemenang & penyerahan hadiah akan dilakukan pada hari Sabtu, tanggal 8 Maret 2014 di acara Nulisbuku Club. (Waktu dan tempat menyusul)

 

D. Periode #ProyekMenulis

Dimulai hari ini, Sabtu, 8 Februari 2014 dan ditutup pada Sabtu, pukul 23.59 WIB tanggal 15 Februari 2014. Karya dikirimkan melalui email ke send@nulisbuku.com.

E. Pemilihan Pemenang

Pemenang terdiri dari 1 pemenang utama dan 17 finalis untuk setiap kategori.  Seluruh tulisan yang masuk akan dinilai berdasarkan faktor-faktor sbb:

  • Kesesuaian isi tulisan dengan tema.
  • Originalitas.
  • Plot dan diksi.
  • Teknik penulisan yang menarik dibaca.

Pemenang akan dipilih oleh juri yaitu tim Nulisbuku.com

F. Pengumuman Pemenang

Para pemenang dan 17 finalis terpilih akan diumumkan pada hari Sabtu, tanggal 8 Maret 2014 di acara Nulisbuku Club. (Waktu dan tempat menyusul).

G. Hadiah Pemenang

  1. Pemenang pertama dari masing-masing kategori akan memperoleh hadiah berupa uang tunai senilai Rp. 500.000,- dan paket produk dari Mycardous.com senilai 250.000 Cerpen pemenang pertama beserta cerpen 17 finalis akan diterbitkan secara self-published dalam satu buku khusus.
  2. Pemenang kedua dari masing-masing kategori akan memperoleh hadiah paket produk dari Mycardous.com senilai 100.000
  3. Pemenang ketiga dari masing-masing kategori akan memperoleh hadiah paket produk dari Mycardous.com senilai 50.000
  4. 17 cerpen terpilih sebagai pemenang dan finalis akan diterbitkan secara self-published di nulisbuku.com dalam satu buku khusus,
  5. Khusus untuk pemenang 1, 2 dan 3 dalam kategori Kolaborasi masing-masing finalis akan mendapatkan 2 eksemplar buku tersebut secara gratis. Finalis 17 besar kategori Perorangan dan Kolaborasi lainnya akan mendapatkan 1 eks buku.
  6. 200 karya lainnya yang berpartisipasi dalam #ProyekMenulis dan lolos seleksi juri akan dibukukan dan diterbitkan secara self-published di nulisbuku.com. Untuk buku tersebut bisa dibeli di nulisbuku.com.

 

Atas penerbitan buku-buku ini, para penulis tidak menerima kompensasi dalam bentuk apa pun karena seluruh royalti hasil penjualan buku akan kita sumbangkan kepada lembaga panti asuhan, untuk menyantuni anak yatim-piatu.  Detail mengenai penyerahan sumbangan royalti ini akan dikelola oleh tim dari nulisbuku.com.

H. Lain-Lain

  1. Hak cipta karya tetap di tangan masing-masing penulis, dan penulis berhak menerbitkan karyanya di tempat lain setelah 12 (dua belas) bulan dari tanggal terbit.
  2. Seluruh karya akan melalui proses editing dan setting oleh Nulisbuku sebelum kumcer diterbitkan.

 

Lomba ini diselenggarakan oleh nulisbuku.com dan di dukung oleh Mycardous.com – On Demand – Gift Store.

mycardous Logo

 

 

Screen Shot 2014-02-08 at 10.36.03 AMScreen Shot 2014-02-08 at 2.47.38 AM