Setiap orang pasti pernah mengalami perpisahan. Ada perpisahan yang sementara, namun ada juga perpisahan untuk selamanya.

Pernahkah kamu berpikir untuk mengirim sepucuk surat untuk orang-orang yang selalu ada di hati namun mereka telah pergi meninggalkan dunia ini?

Mereka bisa saja orang tua, suami, istri, sahabat, kekasih, kakak, adik, anak, kerabat atau bahkan seseorang yang kita kagumi meski mereka tidak mengenal kita sebelumnya.

 

Dalam proyek menulis kali ini kami mengajak kamu untuk menulis surat untuk mereka, kirimkan sebuah surat yang sangat ingin kamu tulis selama ini, sembari membayangkan mereka membacanya dari surga.

Surat ini akan kami seleksi dan untuk surat-surat terpilih akan dibukukan menjadi beberapa buku kumpulan surat. Seperti biasa, buku tersebut akan kami terbitkan di nulisbuku.com secara selfpublishing.

Dalam Proyek menulis ini, kami berharap dapat mengumpulkan surat yang ditulis dengan baik dan penuh ketulusan.

 

A. Syarat Peserta

Dapat diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia, tanpa batasan usia, tanpa batasan jenis kelamin, tanpa batasan agama, dan tanpa batasan lokasi tempat tinggal. Setiap peserta dapat mengirimkan 1 (satu) karya tulisan terbaiknya. 

B. Syarat tulisan

Surat ditulis dalam bahasa Indonesia minimal 1 halaman A4 dan maksimal 3 halaman A4, diketik rapi dalam file Microsoft Word spasi: 1.5, dengan font: Times New Roman, ukuran font: 11pt.

Surat tersebut belum pernah diterbitkan dalam media mana pun, dan merupakan karya asli penulis.  Dengan mengikuti lomba ini, berarti penulis menyatakan bahwa karya tersebut adalah murni karya aslinya dan jika ada tuntutan pelanggaran hak kekayaan intelektual maka akan menjadi tanggung jawab penulis.

Judul surat bebas, dengan tetap sesuai dengan tema: Surat Untuk Penghuni Surga (S.U.P.S)

C. Cara Berpartisipasi

  1. Menulis surat sesuai tema ‘Surat Untuk Penghuni Surga’ (S.U.P.S) yang sudah diketik rapi dalam file Microsoft Word.
  2. Kirimkan surat tersebut beserta data diri: Nama, Alamat, No. handphone, No. KTP (Atau kartu pelajar), Twitter account (Jika ada), Alamat facebook (Jika ada), ke alamat email: send@nulisbuku.com (berupa file lampiran- attach files, bukan di body email) dengan format subject email: [SUPS] – [Judul tulisan] – [Nama Penulis]; Contoh (1): SUPS – Untukmu Ayah Dari gadis Kecilmu — Windiarty Agustina
  3. Follow & mention akun Twitter @nulisbuku kemudian silakan ngetwit ringkasan suratmu, minimal sebanyak 3 (tiga) kali twit untuk mempromosikan surat yang telah dikirim dengan hashtag #ProyekMenulis
  4. Untuk mengikuti kompetisi ini tidak dipungut biaya, GRATIS!
  5. Pengumuman surat-surat terbaik yang lolos seleksi akan dilaksanakan pada bulan Oktober.

 

D. Periode #ProyekMenulis

Dimulai hari ini, Minggu, 14 September 2014 dan ditutup pada Minggu, 21 September 2014, pukul 23.59 WIB. Karya dikirimkan melalui email ke send@nulisbuku.com.

E. Pemilihan Surat Pilihan

Surat-surat yang lolos seleksi akan dibukukan secara selfpublishing di nulisbuku.com, dan buku tersebut dapat dibeli di situs tersebut.

Seluruh surat yang masuk akan dinilai berdasarkan faktor-faktor sbb:

  • Kesesuaian isi tulisan dengan tema.
  • Originalitas.
  • Teknik penulisan yang menarik dibaca.

Surat-surat tersebut akan dipilih oleh juri yaitu tim Nulisbuku.com

Atas penerbitan buku-buku ini, para penulis tidak menerima kompensasi dalam bentuk apa pun karena seluruh royalti hasil penjualan buku akan kita sumbangkan kepada lembaga panti asuhan, untuk menyantuni anak yatim-piatu.  Detail mengenai penyerahan sumbangan royalti ini akan dikelola oleh tim dari nulisbuku.com.

 

F. Lain-Lain

  1. Hak cipta karya tetap di tangan masing-masing penulis, dan penulis berhak menerbitkan karyanya di tempat lain setelah 12 (dua belas) bulan dari tanggal terbit.
  2. Seluruh karya akan melalui proses editing dan setting oleh Nulisbuku sebelum diterbitkan.

Proyek Menulis ini diadakan oleh nulisbuku.com, jika ada pihak yang berminat menjadi sponsor, dapat menghubungi kami melalui email: admin@nulisbuku.com.