667ef0de3e2c17393e3ae22b25bdca02

Images by Brian Rea – The New York Times

 

“What happens if you decide that falling in love is not something that happens to you, but something that you do?”

——————————————————————

Februari hanya datang satu kali dalam setahun. Jangan biarkan ia berlalu seperti waktu-waktu yang kita lewati tanpa arti. Buatlah Februari berarti dengan cara menuliskannya. Menuliskan sebuah kisah yang tak biasa. Sebuah kisah cinta yang tak pernah selesai. Kasih yang tak pernah sampai.

Berapa banyak kita mengirimkan cinta untuk seseorang yang kita suka, namun cinta tersebut tak pernah tiba di tempat yang kita inginkan? Kami yakin kamu tidak sendirian. Ada begitu banyak kisah kasih yang tak pernah sampai oleh karena beberapa sebab yang mengakibatkan banyak pertanyaan. Dan pertanyaan-pertanyaan tersebut semakin lama semakin menumpuk. Hingga kita akhirnya menyadari bahwa tidak semua pertanyaan-pertanyaan di dunia ini ada jawabannya.
Bulan ini kami mengajakmu untuk menuliskan kisah kasih itu. Kisah kasih yang tak pernah sampai. Tulisan dikirimkan dalam bentuk cerita pendek. Kisah boleh terinspirasi dari kisah nyata atau pun murni fiksi.

Cerita pendek (Cerpen) ini akan kami seleksi dan untuk cerpen terpilih akan dibukukan menjadi beberapa buku kumpulan cerita pendek. Seperti biasa, buku tersebut akan kami terbitkan di nulisbuku.com secara selfpublishing.

A. Syarat Peserta
Dapat diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia, tanpa batasan usia, tanpa batasan jenis kelamin, tanpa batasan agama, dan tanpa batasan lokasi tempat tinggal. Setiap peserta dapat mengirimkan 1 (satu) karya tulisan terbaiknya.

B. Syarat tulisan

  • Cerpen ditulis dalam bahasa Indonesia minimal 2 halaman A4 dan maksimal 5 halaman A4, diketik rapi dalam file Microsoft Word spasi: 1.5, dengan font: Times New Roman, ukuran font: 11pt.
  • Cerpen tersebut belum pernah diterbitkan dalam media mana pun, dan merupakan karya asli penulis.  Dengan mengikuti proyek menulis ini, berarti penulis menyatakan bahwa karya tersebut adalah murni karya aslinya dan jika ada tuntutan pelanggaran hak kekayaan intelektual maka akan menjadi tanggung jawab penulis.
  • Judul cerpen bebas, dengan tetap sesuai dengan tema: Kasih Tak Sampai

C. Cara Berpartisipasi

  • Menulis cerpen sesuai tema ‘Kasih Tak Sampai’ yang sudah diketik rapi dalam file Microsoft Word. Kirimkan cerpen tersebut beserta data diri: Nama, Alamat, No. handphone, No. KTP (Atau kartu pelajar), Twitter account (Jika ada), Alamat facebook (Jika ada), ke alamat email: send@nulisbuku.com (berupa file lampiran- attach files, bukan di body email) dengan format subject email: [KTS] – [Judul tulisan] – [Nama Penulis]; Contoh (1): KTS – Kuharap Engkau Tahu Cinta — Windiarty Agustina.
  • Follow & mention akun Twitter @nulisbuku kemudian silakan ngetwit ringkasan cerpenmu, minimal sebanyak 3 (tiga) kali twit untuk mempromosikan cerpen yang telah dikirim dengan hashtag #ProyekMenulis
  • Untuk mengikuti kompetisi ini tidak dipungut biaya, GRATIS!
  • Pengumuman cerpen terbaik yang lolos seleksi akan dilaksanakan pada hari Jumat, 27 Februari 2015.

D. Periode #ProyekMenulis
Dimulai hari ini, Senin, 26 Januari 2015 dan ditutup pada Minggu, 8 Februari 2015, pukul 23.59 WIB. Karya dikirimkan melalui email ke send@nulisbuku.com.

E. Pemilihan Cerpen Pilihan
Cerpen yang lolos seleksi akan dibukukan secara selfpublishing di nulisbuku.com, dan buku tersebut dapat dibeli di situs tersebut.
Seluruh cerpen yang masuk akan dinilai berdasarkan faktor-faktor sbb:

  • Kesesuaian isi tulisan dengan tema.
  • Originalitas.
  • Teknik penulisan yang menarik dibaca.

Cerpen-cerpen tersebut akan dipilih oleh juri yaitu tim Nulisbuku.com, dan tidak dapat diganggu gugat.

F. Pengumuman Pemenang
Para pemenang dan 17 finalis terpilih akan diumumkan pada hari Jumat, 27 Februari 2015 di Social Media Week Jakarta, Pacific Place

F. Hadiah Pemenang

  1. Pemenang pertama akan memperoleh hadiah berupa uang tunai senilai Rp. 750.000,- dan Tshirt limited edition dari nulisbuku.com. Cerpen pemenang pertama beserta cerpen 17 finalis akan diterbitkan secara self-published dalam satu buku khusus.
  2. Pemenang kedua akan memperoleh hadiah voucher sebesar Rp 100.000,- dan Tshirt Limited Edition dari nulisbuku.com
  3. Pemenang ketiga akan memperoleh hadiah voucher sebesar Rp 50.000,- dan Tshirt Limited Edition dari nulisbuku.com.
  4. 17 cerpen terpilih sebagai pemenang dan finalis akan diterbitkan secara self-published di nulisbuku.com dalam satu buku khusus, masing-masing finalis akan mendapatkan 1 eksemplar buku tersebut secara gratis.
  5. 200 karya lainnya yang berpartisipasi dalam #ProyekMenulis dan lolos seleksi juri akan dibukukan dan diterbitkan secara self-published di nulisbuku.com. Untuk buku tersebut bisa dibeli di nulisbuku.com.

Atas penerbitan buku-buku ini, para penulis tidak menerima kompensasi dalam bentuk apa pun karena seluruh royalti hasil penjualan buku akan kita sumbangkan kepada lembaga panti asuhan, untuk menyantuni anak yatim-piatu.  Detail mengenai penyerahan sumbangan royalti ini akan dikelola oleh tim dari nulisbuku.com.

G. Lain-Lain

  • Hak cipta karya tetap di tangan masing-masing penulis, dan penulis berhak menerbitkan karyanya di tempat lain setelah 12 (dua belas) bulan dari tanggal terbit.
  • Seluruh karya akan melalui proses editing dan setting oleh Nulisbuku sebelum diterbitkan.

Proyek Menulis ini diadakan oleh nulisbuku.com, jika ada pihak yang berminat menjadi sponsor, dapat menghubungi kami melalui email: admin@nulisbuku.com.

4

Selamat bersenang-senang!