Tips menulisKita bisa menulis setiap hari. Tapi tidak setiap hari kita bisa menghasilkan tulisan bagus. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, seperti lelah, pikiran sedang penuh, dan banyak hal lainnya. Banyak penulis pemula yang memilih menghapusnya tanpa pikir panjang. Padahal, banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk tulisan yang kurang bagus tersebut.

Ketika kamu punya niat untuk menghapus tulisanmu, coba pertimbangkan lagi. Pikirkan waktu dan tenaga yang sudah kamu sisihkan untuk mengerjakan tulisan tersebut. Apabila kamu harus menulis ulang, apakah kamu punya energi yang sama besar? Jadi, apa sih yang bisa kamu lakukan untuk tulisanmu yang terasa kurang bagus atau harus disisihkan dari cerita?

1. Simpan dahulu dalam tabungan idemu dan edit kemudian.

Bisa jadi saat kamu menulis, konsentrasimu kurang atau ada hal-hal yang belum kamu mengerti. Jangan langsung dihapus! Endapkan dulu tulisanmu, masukkan ke dalam tabungan ide. Setelah beberapa waktu baca ulang untuk mengetahui hal-hal yang kurang. Jeda waktu yang kamu miliki, bisa memberimu pandangan baru terhadap tulisan tersebut. Selanjutnya, kamu bisa memutuskan tindakan seperti apa yang harus kamu lakukan. Apakah harus ditulis ulang? Atau ternyata kamu membutuhkan riset lebih lanjut?

2. Jadikan pembanding dengan tulisan yang terbaru.

Jika kamu terus menerus menghapus tulisanmu, bagaimana bisa mengetahui sejauh mana perkembangkan tulisan yang kamu buat? Suatu hari mungkin kamu akan menertawakan tulisan lamamu karena banyak kesalahan di dalamnya. Akan tetapi, kamu juga akan menyadari betapa berharga tulisan itu, karena dari sanalah kamu belajar menulis lebih baik lagi.

3. Kembangkan menjadi tulisan baru.

Salah satu kisah sukses dari bagian tulisan yang terpaksa harus dibuang datang dari Jonathan Nolan, co-writer film The Dark Knight. Salah satu ide yang dia masukkan dalam plot film tersebut ditolak oleh sang sutradara dan co-writer, Christopher Nolan. Akhirnya, Jonathan Nolan merombak dan mengembangkan ide tersebut menjadi TV show yang cukup sukses. Jadi, coba teliti kembali bagian tulisanmu yang akan dibuang, kembangkan, tambahkan ide baru. Bukan tidak mungkin, tulisanmu itu punya potensi yang belum terlihat olehmu dan bisa kembangkan menjadi tulisan baru.