frustrated_writer_by_photonerd88-d3gobx6Salah satu kekhawatiran terbesar penulis adalah saat tidak bisa menemukan sesuatu untuk ditulis. Alasan yang paling sering melandasi kejadian itu adalah karena tidak punya ide. Padahal, banyak ide yang berlalu lalang di sekitar kita setiap hari. Setiap yang kita lihat, dengar, rasakan, merupakan sesuatu yang bisa diceritakan. Namun, seberapa peka kamu terhadap hal tersebut?

Setiap penulis memiliki cara untuk mengasah kemampuannya mendapatkan ide. Neil Gaiman menciptakan sendiri apa yang ingin dia tulis, bukan hanya menunggu. Jika kamu hanya duduk menanti ide besar datang, niscaya itu tak akan terjadi. Ide yang luar biasa muncul ketika kamu terbiasa mengeksekusi ide-ide yang sederhana. Untuk melatih kemampuanmu mendapatkan ide ada empat cara yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Tulis ide apa saja yang bisa kamu pikirkan. Tulis secara berkala dan jadikan kebiasaan rutin. Tidak perlu terlalu menimbang apakah itu ide besar atau ide sederhana. Memiliki bank ide akan sangat bermanfaat ketika kamu sedang stuck atau membutuhkan ide cepat. Dan ide lama yang belum sempat diolah, bisa jadi harta berharga di masa depan.

2. Carilah prompt untuk tulisanmu.Prompt adalah pemicu yang bisa memancingmu menulis. Bisa berupa kata, benda, kejadian, atau apa saja. Kamu bisa meminta prompt dari temanmu atau ikut bergabung dengan komunitas menulis yang secara regular memberi prompt. Cara ini bisa mengasahmu mendapatkan ide dan mengeksekusinya dari hal-hal yang biasa atau malah tidak pernah terpikirkan olehmu.

3. Cobalah untuk mengasosiasikan dua hal yang tidak berkaitan. Pernahkah kamu berpikir apa jadinya jika ubur-ubur dan stroberi disatukan dalam sebuah cerita? Dua hal tersebut kelihatan sangat berseberangan, tetapi jika kamu memikirkannya dengan baik, ada banyak hal yang bisa diceritakan.

4. Mengecek berita hari ini. Koran, televisi, internet, menyediakan informasi yang sangat berlimpah dan aktual setiap harinya. Sepuluh menit membaca surat kabar bisa memberimu banyak gambaran kejadian. Lewat internet, kamu bisa mengetahui masalah yang sama di satu tempat dan lainnya bisa diselesaikan dan dihadapi dengan cara yang begitu berbeda. Juga, begitu banyak peristiwa sosial, ekonomi, budaya, hingga romansa dan keluarga yang dibahas di media setiap hari. Semua itu adalah sumber ide yang sangat kaya dan seharusnya kamu bisa memanfaatkannya dengan baik.

Keempat cara tersebut sangat mudah untuk dipraktikkan. Lakukan secara teratur agar kemampuanmu menangkap dan mengolah ide makin terasah. Biasakan membawa alat catat sehingga kamu bisa langsung mencatat ide yang terpikir olehmu. Selamat menulis!

(sumber)