Klasifikasi novel lewat genre akan memudahkan pembaca untuk menemukan buku yang mereka sukai. Contohnya, jika pembaca senang dengan genre romance, pembaca tinggal menuju rak romance di toko buku. Setiap genre juga punya tradisi sendiri-sendiri.Tentunya juga keunikan yang membedakannya dengan genre lain. Jika kamu tertarik untuk menulis di genre tertentu, penting untuk membaca banyak buku dari genre tersebut. Pengetahuan luas mengenai genre yg akan kamu tulis bisa membuatmu mengerti apa yang pembaca genre tersebut inginkan.

Beberapa genre yang umum ditemui, yaitu:

1. Misteri – umumnya misteri bercerita tentang peristiwa kriminal berupa pembunuhan atau proses pengungkapan siapa pelakunya. Karakter utama dalam genre ini biasanya adalah detektif, profesional atau amatir.

2. Romance – romance adalah kisah tentang cinta dan passion. Ceritanya seringkali berfokus pada dua orang yang saling jatuh cinta, tapi punya halangan yang memisahkan mereka. Romance bisa diakhiri dengan happy ending atau pun sad ending.

3. Historical – novel sejarah bersetting di periode masa tertentu. Genre ini mengombinasikan kisah rekaan dan fakta-fakta dari periode waktu tersebut.

4. Thrillers – dinamakan thriller karena memberi perasaan tegang ke pembaca. Thriller didesain untuk membuat pembaca deg-degan dan mendorong pembaca terus membalik halaman. Seringkali thriller tentang kejadian kriminal atau bencana yg akan terjadi, jika si karakter utama tidak mencegah atau melakukan sesuatu.

5. Horror – cerita horor berfokus menghadirkan teror dan ketakutan pada pembaca. Genre horor seringkali menggunakan elemen supernatural atau sadisme untuk menghasilkan kesan tersebut.

6. Komedi – tulisan dengan genre ini merupakan tulisan yang ringan dan lucu.

7. Fantasy – genre ini biasanya menggunakan sihir (magic) atau fenomena supernatural dalam plot, setting, atau temanya. Pada genre fantasi juga sering ditemui makhluk mitologi, juga ras lain selain manusia, seperti peri, kurcaci, goblin. Setting cerita fantasi juga bisa berupa dunia alternatif atau semesta yang sama sekali baru dan asing.

8. Science Fiction – kisah sci-fi berupa dampak teknologi atau hal-hal imajinatif seperti setting futuristis, penjelajahan luar angkasa, time travel, semesta paralel, serta kehidupan ekstraterestrial. Pada sci-fi, sains menjadi plot, setting, atau tema utamanya.

Itu beberapa genre umum ditemukan. Saat kamu akan menulis, pilihlah genre yang kamu suka membacanya, karena dengan begitu kamu yang juga membaca genre tersebut mengerti ekspektasi yang dinginkan pembaca. Selamat menulis!