Menerbitkan buku sudah, lalu apa sih yang harus kamu lakukan agar orang-orang tahu tentang bukumu dan tertarik membeli? Ketika kamu memutuskan untuk menerbitkan mandiri, kegiatan promo dan pemasaran pun harus dilakukan secara independen.

Jadi, setelah bukumu terbit, hindari berpangku tangan dan berharap alam akan memutuskan nasib bukumu. Untuk kamu yang sudah dan akan menerbitkan buku secara mandiri, ada delapan kiat untuk mempromosikan dan memasarkan bukumu.

1. Tulislah bukumu sebaik mungkin, kemudian tulis bukumu yang selanjutnya. Jika kamu menulis buku yang bagus, maka pembaca akan mencari tentangmu dan buku-bukumu yang lainnya. Bila kamu sudah punya buku lain yg sudah terbit, sisipkan sampel chapter dr buku tersebut ke bukumu yang lain.

2. Identifikasi target pembacamu. Untuk siapa bukumu ditulis, bagaimana untuk menemukan mereka baik online atau offline.

3. Bersikap profesional di semua aspek yang berkaitan dengan buku yang kamu tulis, baik secara online maupun offline. Siapkan tulisanmu dengan baik. Bukan hanya dari isi tulisan, tetapi juga dari penyuntingan, dan lain-lain.

4. Pertimbangkan harga. Jangan memberi harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Di awal, kamu bisa mencoba untuk memberi harga lebih rendah daripada keluaran penerbit major hingga kamu memiliki pembaca tetap.

5. Gunakan kreativitasmu dan telitilah ketika menyiapkan berbagai hal untuk mempromosikan bukumu. Tema, lokasi, periode waktu, bahkan hobi dan gaya hidup karakter dapat digunakan sebagai inspirasi utk mengembangkan strategi promosi. Kamu juga bisa membuat pembatas buku (bookmark) dan merch yang menampilkan kover bukumu, tagline, juga kontakmu.

Buatlah konten promo, berupa gambar, tautan, sampel chapter, dan sampel yang mudah dibagikan lewat Facebook dan Twitter. Ciptakan ‘merch’ yang berhubungan dengan bukumu dan jual di websitemu. Susun jadwal blog tour, sharing contest, giveaway, dan lain-lain. Misalnya, kamu berbagi sampel chapter dari bukumu di blog dan adakan giveaway. Tawarkan diskon pembelian untuk waktu terbatas, juga harga khusus untuk pembelian beberapa bukumu.

6. Permudah (calon) pembacamu untuk menemukan dan membeli bukumu. Cantumkan tautan di mana bisa memdapatkan bukumu di blog atau website-mu.

7. Hindari menjadi ‘book-spammer‘. Bangun jaringan yang positif dan efektif dengan pembacamu.

8. Yakinkan pembaca yang merasa puas dengan bukumu untuk membuat review di blog, Goodreads, dan lain-lain.

 

Itulah delapan cara yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan dan memasarkan bukumu. Penulis pun harus aktif dan giat mengenalkan karyanya ke orang lain agar makin banyak dikenal dan dibaca banyak orang.