Memoar merupakan catatan atau rekaman mengenai pengalaman hidup seseorang. Memoar ini berbeda dengan otobiografi. Pada memoar yg kamu ceritakan hanya sekelumit dari hidupmu, sedangkan otobiografi menceritakan keseluruhan perjalanan hidupmu.

Nah, sekarang simak yuk beberapa tips menulis memoar.

  1. Fokuskan apa yang ingin kamu tulis. Yang akan kamu tulis adalah memoar, jadi pilih satu cerita, satu momen yang ingin kamu tulis.
  2. Jika kamu belum menemukan apa yg ingin kamu tulis, coba untuk membuat diagram hidupmu. Kamu bisa memulai diagrammu ini dengan membuat daftar sahabat dan pasangan, juga catat momen-momen penting dlm hidupmu. Banyak cara untuk membuat diagram ini, bisa jadi kamu membuatnya berdasarkan pilihan-pilihan, orang berpengaruh dalam hidupmu, dan lain-lain. Menyusun diagram ini bisa membantumu mendapatkan perspektif dan menemukan hal yang ingin kamu tulis.
  3. Jangan mulai dari awal. Hindari bercerita secara kronologis. Mulailah dengan hal yg menarik, yang bisa membuat pembaca membaca tanpa memikirkan hasilnya.
  4. Ceritakan bukan hanya ceritamu sendiri. Kamu memang harus fokus ke tema atau momen yang kamu pilih, tapi latar belakang dan detail pun penting. Misalnya, kamu menulis tentang perjalananmu ke Rajashtan atau Kamchatka, kamu bisa menambahkan deskripsi, sejarah, juga apa yang kamu pelajari dari perjalanan tersebut.
  5. Berceritalah dengan jujur. Salah satu kunci menulis memoar yang baik adalah jujur. Pilihan ini memang agak sulit, karena seringkali kita tidak ingin menyakiti atau menyinggung orang lain. Motivasi menulis memoar adalah untuk berbagi pengalaman, bukan untuk balas dendam atau mencari maaf.
  6. Ajak pembaca mengalami ceritamu. Nasihat ‘show, don’t tell‘ berlaku di sini. Gambarkan pada pembacamu apa yang terjadi. Bawa pembaca untuk merasakan emosi yang mendorong mereka terus membaca dan ingin tahu apa yang terjadi.

Itulah tadi 6 tip menulis memoar. Ingin mencoba menuliskan kisah hidupmu sendiri?

Untuk menulis memoar, kamu tdk harus punya masa lalu yg kelam atau pengalaman yg sangat megah. Ingatlah bahwa setiap orang mencoba utk menemukan makna hidupnya, setiap org punya cara berbeda. Sebagai penulis tentunya kamu bisa merasakan itu. Bahkan menulis pun bisa jadi cara untuk mengerti dirimu sendiri. Tantangannya adalah di awal, mempersiapkan dan memulai menulis memoar. Tapi, kamu pasti bisa menulisnya.

(sumber, sumber)