light-681540_1920Tips ‪#‎BlackXperienceWriting‬ oleh ‪#‎OmBudimanHakim‬


Dear Writers,
Ini tip hari ke-2, bagaimana trik saya dalam menulis.

Pada dasarnya, menulis novel, menulis cerpen, menulis essai, tidak ada bedanya dengan keseharian saya menulis dan mencari ide untuk iklan. Saya mengaplikasikan bagaimana saya mencari ide dengan cepat dalam menginventarisir ide-ide iklan, ke dalam teknik menulis kreatif.

Tahukan Anda, bahwa saat saya brainstorming mencari ide iklan, saya dan tim kreatif bisa menghasilkan 10 ide dalam 10 menit? Artinya 1 ide dalam 1 menit? Bagaimana caranya?

Seperti kemarin sudah saya bahas, buang dulu ketakutan-ketakutan ide kita jelek, dan menulislah tanpa mikir.

Saya pun menyanggupi tantangan ‪#‎10HariNulisBuku‬ dari nulisbuku.comtanpa mikir terlebih dulu. Saya langsung bilang oke!

Kok berani banget?

Karena bagi saya, ide sudah Tuhan berikan. Ide ada di sekitar kita. Dan saya tinggal menangkapnya. Tinggal menuliskannya.

Apa saja sih? Banyak!

1. Pengalaman Diri adalah Sumber Ide Kita. Kalau kita mengaku manusia, kita pasti punya pengalaman. Pengalaman pahit, manis, bahagia, senang, konyol, sakit, dan berjibun pengalaman lainnya. Tuliskanlah. Baik dengan apa adanya atau dengan mendramatisirnya menjadi sesuatu yang fantastis. Maka itu pasti bakal jadi cerita yang luar biasa.

2. Pengalaman Orang Lain adalah Sumber Ide Kita. Berapa kali kita tertawa melihat hal lucu terjadi pada orang? Berapa kali kita sedih melihat hal tragis pada orang? Berapa kali kita marah melihat hal menyebalkan terjadi karena seseorang? Tuliskanlah. Itu adalah anugerah ide dari Tuhan.

3. Perasaan adalah Sumber Ide Kita. Setiap perasaan apapun, adalah berkah ide yang Tuhan kasih untuk kita. Kalau kita lagi sedih, maka kita sedang ditampar Tuhan untuk menuliskannya menjadi sebuah ide. Bila kita merasa bahagia kira-kira 5 kali dalam sehari, dan dalam 1 tahun adalah 365 hari, lantas misal usia kita saat ini 20 tahun, lalu tak satu pun kita menuliskannya, maka kita berarti telah menyia-nyiakan 36.500 ide, kan? Hehehe.

Nah, sekarang saya mau tanya, setelah melihat tulisan di atas, masih jugakah bilang susah nulis? Masih jugakah menyia-nyiakan berkah Tuhan?

Menulislah sekarang juga!

Kalau mau belajar nulis sambil bikin buku bareng, silakan ikut workshop saya, “Creative Writing: Belajar di Kota Tua”, 28-29 November 2015. Info lanjut klik: http://mindstream-institute.com/article.php?sub=article&news=268