Membaca adalah hal mutlak untuk seseorang yang ingin menjadi penulis. Membaca memberimu banyak pengetahuan, juga gambaran mengenai teknik menulis yang baik. Semakin banyak membaca, artinya juga akan meningkatkan pengetahuanmu dan ilmumu mengenai menulis.

Kegiatan membaca yang membutuhkan dedikasi dan fokus dapat mengasah pikiranmu agar selalu tajam. Lewat membaca kamu bisa mengembangkan dirimu, tidak selalu lewat buku self-help, tapi setiap buku punya pelajaran, kesan tertentu. Membaca membuatmu menyadari apa yang terjadi di dunia, seperti apa gambaran masa depan, dan banyak hal lainnya. Selain itu, semakin banyak membaca juga akan memberi pengaruh pada sudut pandangmu. Masih banyak manfaat membaca yang lain, yang bisa kamu dapatkan.

Tapi untuk membaca lebih banyak buku memang butuh usaha dan disiplin, agar terbiasa. Ada enam tips untuk memperbanyak buku yang kamu baca tahun ini.

1. Membaca 20 halaman di permulaan hari. 20 halaman terlalu sedikit? Tambahkan lagi!

2. Jadikan membaca sebagai ritual pagi. Biasa bangun pukul 5.30? Majukan jadi pukul 5, gunakan untuk membaca. Kalaupun kamu cuma punya membaca 15-30 menit setiap pagi, kamu bisa membaca 20-30 buku selama setahun.

3. Membaca cepat. Gunakan pointer, misalnya ujung jarimu di bawah teks. Ini membantumu fokus pada poin spesifik di halaman tersebut.

4. Membaca satu buku dalam satu waktu. Segera selesaikan yang kamu baca, baru maju ke buku selanjutnya yang ada di daftar bacamu.

5. Bawalah buku ke mana saja kamu pergi! Buku, ebook, audiobook, pilih yang paling nyaman untukmu. Dalam perjalanan, sangat mungkin banyak waktu menunggu satu kegiatan ke yang lain. Gunakan untuk membaca!

6. Setiap orang punya metode sendiri menyerap isi buku, jangan ragu menggunakan catatan bila perlu. Buat catatan untuk hal penting dan menarik selama #membaca. Akan sangat berguna, terutama untuk yang rajin me-review buku dan ketika membaca buku nonfiksi.

Itulah tadi enam cara yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan jumlah buku yang kamu baca tahun ini. Tapi harus kamu ingat, inti membaca bukanlah pada kuantitas, melainkan kualitas kegiatan membacamu. Jadikan jumlah buku sebagai pemacu agar lebih rajin dan rutin membaca. Selamat membaca!

(sumber)