Berapa banyak novel yang ingin kamu tulis tahun ini? Kalau belum punya yuk targetkan, minimal kamu harus menulis satu buku sebelum tahun 2016 berakhir.

Salah satu kunci untuk menyelesaikan menulis novel adalah persiapan yang baik. Ketahui apa yang ingin kamu tulis. Jika memang sudah tidak tahan lagi, tulislah. Sejalan dengan perkembangan tulisanmu, catat ide-ide serta rancangan cerita cerita, plot, karakter, dan lain-lain. Hal tersebut kamu lakukan agar kamu tidak kehilangan arah tujuan di tengah-tengah proses menulismu.

Persiapan matang untuk tulisan pun harus diimbangi dengan kedisiplinan diri. Ada beberapa tip untuk mempertahankan kedisiplinan dan membentuk kebiasaan menulis demi meraih target bukumu tahun ini.

1. Konsistensi.

Konsistensi dalam menulis akan membentuknya menjadi kebiasaan. Temukan waktu tetap untuk menulis dan gunakan waktu tersebut. Menulis setiap hari memang baik, tapi dilakukan setiap 2-3 hari sekali pun tidak masalah. Lebih baik menulis sedikit dan rutin dibanding tidak menulis sama sekali. Usahakan menulis di waktu yang sama, agar otakmu bisa membiasakan diri berada dalam kondisi menulis pada waktu tersebut.

2. Tetapkan jadwal menulismu.

Kesibukan sehari-hari memang menyita waktu, tapi ketika kamu berniat sungguh-sungguh untuk menulis, kamu bisa menemukan waktu. Sisihkan waktu khusus untuk menulis. Jika kamu hanya punya 30 menit sehari, tidak masalah. Jika punya lebih banyak, tentunya akan lebih banyak tulisan yang bisa kamu buat.

3. Tentukan target kata.

Mengapa harus punya target kata? Target kata berguna untuk memotivasimu setiap kali sesi menulis. Dua jam untuk 1000 kata? Lain kali kamu harus tingkatkan lagi. Selain itu, menetapkan target kata tidaklah sulit. Salah satu caranya dengan menentukan apa yang ingin kamu tulis, misalnya novel. Umumnya novel mengandung 40.000 – 50.000 kata. Dengan membuat target harian, kamu bisa menentukan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikannya.

4. Waktu menulis adalah untuk menulis.

Waktu yang sudah kamu tentukan gunakan untuk memindahkan ide-ide dalam kepalamu dalam bentuk tulisan. Singkirkan hal-hal yang kira-kira akan mengganggumu saat menulis. Dan meskipun pikiranmu terus-terusan dibobardir ide, plot, pada waktu random, catatlah dan tulislah ketika waktu menulis.

5. Bergabung dengan grup menulis. Atau carilah teman yang mendukungmu menulis. Berkumpulah sebulan sekali atau secara rutin untuk membahas tentang tulisan dan saling memberi masukan.

6. Membacalah sebanyak yang kamu bisa. Membaca adalah cara tepat untuk menyempurnakan karyamu; kamu bisa melihat yang lain membangun struktur plot mereka, mengembangkan karakter, atau menulis dialog, dan semua itu bisa membantu mengembangkan kemampuanmu.

7. Ketahui apa yang harus kamu lakukan selanjutnya. Pada akhir sesi menulis, buat catatan tentang apa yang harus kamu lanjutkan atau kerjakan di sesi menulis selanjutnya. Jadi, di sesi selanjutnya, kamu bisa langsung meneruskan tanpa harus menghabiskan waktu mengawang-awang apa yang akan kamu tulis.

8. Menulislah. Menulislah sekarang juga. Jangan tunda-tunda lagi.

Itulah delapan cara yang bisa kamu terapkan agar rencana menulismu lebih sukses tahun ini. Menulis bukan hal gampang, tapi dengan menjadikannya sebagai rutinitas dan kebiasaan, lama-kelamaan kamu akan menemukan ritme menulismu sendiri. Lawan segala bentuk kemalasan di tahun ini dan mulailah menulis!

(sumber)