Karakter adalah unsur sangat penting dalam sebuah fiksi. Karakter adalah cerita. Salah satu kunci pembaca betah pada ceritamu dan ingin mengulang membacanya adalah punya karakter yang memikat. Seringkali, kamu sudah bikin karakter yang tampan, kaya, pintar, dan menurutmu keren, tapi kok pembaca nggak merasa sama.

Menciptakan karakter yang memikat tidak cukup hanya dg memberi mereka keindahan fisik, harta melimpah, atau otak encer. Pembaca bisa merasa simpati kepada karakter bukan karena kelebihan mereka, tapi juga kekurangan mereka. Bagaimana karakter-karakter dalam ceritamu menghadapi masalah-masalah mereka. Nah, bagi kamu yang ingin menciptakan karakter yang memikat, simak kiatnya, yuk.

  1. Jika kamu ingin menciptakan karakter yang memikat, buat mereka mudah disukai, punya kelebihan dan kekurangan, serta unik! Beri mereka ciri khas. Pikirkan kebiasaan kecil dan sikap karakter yang kamu ciptakan. Misalnya, karakter nenek yg selalu menaruh hadiah untuk cucunya di bawah pohon beringin plus uang dengan jumlah yg sama setiap tahun. Cukup khas nggak si nenek? Sebagai latihan, coba perhatikan orang-orang sekelilingmu, amati ciri khas mereka dan catatlah. Tapi jangan sembarang memberi ciri khas. Kebiasaan itu harus masuk akal dan memberi gambaran seperti apa karaktermu.
  2. Tunjukkan kepribadian karaktermu lewat sesuatu yang berlawanan atau berbeda dengan dia. Misalnya, di tengah dunia yang orang-orangnya sangat menyukai warna biru, dia suka warna hitam. Ketika seorang karakter berada atau harus menghadapi sesuatu yang berlawanan dengan dirinya akan muncul banyak hal yang tidak diduga-duga.
  3. Beri karaktermu sifat-sifat yang bertolak belakang. Contohnya: Seorang nenek yang baik hati, tapi bagaimana jika dia ternyata manipulatif?
  4. Karaktermu adalah apa yang mereka lakukan. Mereka bisa punya filosofi atau sudut pandang yang menarik, nama yang megah, tapi paling penting adalah apa yang mereka lakukan. Pembaca ingin melihat dan merasakan seperti apa perjuangan mereka menghadapi tantangan. Kuncinya ada di action. Buat karaktermu memutuskan sesuatu dan bertindak. Tentunya lebih menarik melihat seorang gadis yang bekerja paruh waktu untuk membayar utang orangtuanya dibanding yang hanya menangis, mengutuki nasib, dan menunggu si pangeran impian hadir, kan?
  5. Luangkan waktu bukan hanya memikirkan mereka, tapi tulislah mengenai karaktermu itu. Gali mengenai latar belakang karaktermu dan berbagai detail lainnya tentang mereka. Tulisan tersebut bisa berupa adegan yang tidak termasuk dalam cerita atau sekadar cerita pendek sampingan dari cerita utama. Itu bisa membantumu lebih mengenal dan mendalami karakter tersebut, juga menguatkanmu ketika menulisnya dalam cerita.

Itulah tadi lima tips menciptakan karakter yang memikat. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu!

Sumber: io9, writetodone.com