Cerita bersambung (cerbung) bukanlah lagi hal asing, karena sering ditemukan di media seperti majalah, tabloid, juga surat kabar. Munculnya berbagai macam platform menulis daring, seperti salah satunya adalah Storial.co, siapa pun bisa menulis cerbung. Menulis cerbung bisa dimanfaatkan untuk belajar menulis, selain itu juga dapat digunakan untuk mengetes ide cerita atau bab awal dari novel yang kamu tulis apakah sudah cukup menarik pembaca. Bagi kamu yang ingin dan sedang menulis cerbung ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

1. Ketahui awal dan akhir ceritamu. Kecuali kamu ingin ceritamu menjadi kisah tanpa ujung, kamu harus tahu bagaimana cerita itu berakhir. Mengetahui panjang (awal-akhir) cerita membantumu menjaga struktur cerita dan menghindari penyimpangan plot menuju arah lain.

2. Sebelum memulai, usahakan kamu sudah tahu isi tiga bab awal ceritamu. Dalam menulis cerbung, tiga bab pertama menjadi magnet bagi pembaca. Tiga bab tersebut juga menjadi sumber terbaik jika kamu bingung mau ke mana ceritamu, baca tiga bab awal dan temukan pencerahannya.

3. Salah satu keuntungan cerbung adalah kamu tidak harus menulis semua bagiannya sebelum mulai merilis. Kamu bisa merilis satu bab tiap pekan, atau per dua minggu. Tapi, ingat aturan tiga bab. Ada baiknya, ketika menulis bab 5, kamu sudah tahu apa yg akan terjadi di bab 6-8. Sehingga kamu punya lebih banyak waktu mengedit sebelum bab tersebut diterbitkan. Tentu saja kamu boleh menulis semuanya sebelum merilis bab demi bab. Pilih rute yang paling nyaman untukmu.

4. Buatlah perencanaan yang lebih banyak. Siapkan beberapa supblot untuk ceritamu. Tapi, setiap subplot haruslah kamu selesaikan, jangan biarkan mereka menggantung.

5. Ciptakan karakter yang menarik. Beri mereka misteri, motivasi, tujuan, masa lalu, dll. Itu berlaku bukan hanya untuk karakter utama, tapi juga karakter pendukung. Pada cerbung, karakter pendukung punya potensi untuk menjadi sosok yg memikat dan mengesankan. Tidak ada salahnya, memberi karakter pendukung peran utama di salah satu bab, dan si karakter utama menjadi pendukung.

6. Cliffhangers. Memberi ending menggantung dan menegangkan bisa menarik pembacamu kembali. Buat pembacamu bertanya-tanya dan jadikan mereka ingin tahu apa yang terjadi di bab selanjutnya.

Menulis sebuah serial memberimu tambahan pengalaman dalam menulis novel. Lewat menulis serial juga kamu punya waktu lebih banyak mendalami karaktermu. Semoga tip-tip di atas bisa bermanfaat bagi kamu ya. Selamat menulis!

(sumber: justinmclachlan.com)